Tips manajemen nutrisi untuk lomba

Perlombaan olahraga ketahanan atau endurance sudah marak sejak beberapa tahun lalu, para atlit amatir atau bahasa kerennya weekend warrior pun mulai banyak yang lebih serius untuk mengikuti lomba. Semua dipersiapkan, mulai dari gear apa yang akan dipakai, tempat menginap dan transportasi dan juga nutrisi apa yang ingin dikonsumsi. Sayangnya untuk manajemen nutrisi, para atlit amatir ini banyak melakukan kesalahan yang sebenarnya bisa mudah untuk di hindari.

Berikut ini akan kami berikan beberapa tips untuk Anda yang akan mengikuti lomba olahraga ketahanan (lari, berenang, sepeda atau kombinasi ketiganya):

  • Jangan konsumsi nutrisi/suplemen yang baru saat hari lomba: Aturan yang sangat mendasar, karena Anda ga akan tau apakah perut Anda cocok dengan nutrisi tersebut. Walaupun nutrisi tersebut sudah terkenal dan banyak orang pakai, belum tentu akan cocok dengan Anda. Paling baik adalah mulai mengkonsumsi nutrisi atau suplemen saat masa latihan, dari situ Anda juga akan tau di saat apa Anda perlu mengkonsumsi suplemen.
  • Ketahui tubuh Anda: Walaupun setiap suplemen mempunyai aturan pakainya tersendiri, tapi Anda juga harus mengetahui apakah saran konsumsi itu sesuai. Perlu di ingat juga, suplemen ini sifatnya preventif, pencegahan. Jadi Anda perlu tahu kapan tubuh Anda merasa lelah dan butuh asupan makanan atau suplemen. Catat dan kenali semua pertanda yang di berikan tubuh Anda, idealnya Anda harus tahu saat sesi peak week di masa latihan Anda.
  • Catat dan pelajari: Setiap perlombaan mempunyai tantangannya masing-masing, jangan pernah menyamakan keadaan Anda di satu perlombaan dengan perlombaan yang lain. Catat rute yang akan ada lewati, titik water station atau tanjakan panjang yang menguras tenaga. Anda harus tau kapan harus refueling dan jenis nutrisi atau suplemen apa yang akan di konsumsi.
  • Ketahui bahan-bahan yang terkandung: Setiap orang mempunyai rasa sensitif terhadap beberapa kandungan dalam makanan/minuman, sebagai contoh kandungan caffeine. Banyak orang yang apabila mengkonsumi caffeine akan merasa berdebar dan juga gelisah. Jadi Anda harus tau apa saja bahan yang terkandung dalam suplemen yang Anda konsumsi, kesalahan dalam mengetahui bahan yang terkandung akan mengakibatkan efek yang fatal bagi performa Anda.
  • Atur pembelian dari jauh hari lomba: Bukan sekali, dua kali kami di minta pesanan mendadak, bahkan ada yang pesan nutrisi atau suplemen dalam hitungan jam, sebelum lomba di mulai. Lakukan pembelian suplemen disaat masa latihan Anda, agar waktu yang tersisa menjelang lomba, dapat Anda manfaatkan semaksimal mungkin. Pembelian juga seharusnya dilebihkan jumlahnya, mengantisipasi apabila ternyata di lapangan ada faktor X yang terjadi. Timing is everything.

Itulah beberapa tips dari kami, biasakan untuk memiliki manajemen yang baik, dalam hal nutrisi dan suplemen. Karena dengan perencanaan yang baik dan matang, performa Anda dalam lomba akan meningkat. Ayo mulai atur strategi!

Dapatkan nutrisi dan suplemen penunjang performa Anda di link berikut:

===========================================

===========================================

respublica