Energy Gel: Manfaat dan Kegunaannya

Jika Anda seorang pelari jarak jauh, pesepeda, atau atlet endurance, Anda mungkin pernah mendengar tentang energy gel . Tapi apa sebenernya energy gel ini? dan bagaimana cara terbaik untuk mengkonsumsinya? Ahli diet Katherine Patton, MEd, RD, CSSD, LD menjelaskan sebagai berikut.

T: Apa itu energy gel?

J: Energy gel adalah suplemen berbentuk jelly atau gel dengan kandungan karbohidrat tinggi yang memberikan energi untuk berolahraga. Energy gel baik digunakan oleh orang dewasa dan dibuat dari campuran gula, maltodekstrin dan fruktosa.

Sebagian besar energy gel tersedia dalam kemasan 40gram, yang memudahkan untuk dikonsumsi selama kegiatan olahraga endurance jarak jauh. Sebagian besar energy gel tidak mengandung lemak, serat, atau protein – sehingga tubuh Anda dapat mencernanya dengan cepat.

T: Mengapa menggunakan energy gel?

J: Pelari, perenang, pesepeda, atau siapa pun yang berolahraga selama lebih dari 60 menit membutuhkan bahan bakar yang cukup pada tubuh mereka untuk mendapatkan hasil terbaik. Ini penting karena saat Anda berolahraga, tubuh Anda menggunakan karbohidrat yang tersimpan di otot Anda. Namun, jumlah yang tersedia terbatas.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi karbohidrat selama latihan yang berlangsung lebih dari satu jam meningkatkan respons metabolisme dan kinerja atletik serta mencegah penipisan glikogen.

American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk mengonsumsi 30 gram hingga 60 gram karbohidrat per jam latihan. Sebagian besar gel energi mengemas 23 gram hingga 27 gram karbohidrat sementara minuman olahraga 8 ons hanya menyediakan 14 gram karbohidrat.

Energy gel mudah dikonsumsi, tidak mengenyangkan, dan mudah dicerna. Menggunakan gel dapat membantu Anda mempertahankan tingkat energi dan mencegah kelelahan selama latihan yang intens atau berkepanjangan.

T: Tindakan pencegahan apa yang harus saya lakukan saat mengkonsumsi energy gel?

J: Energy gel mengandung jumlah gula yang terkonsentrasi, jadi meminumnya terlalu cepat dapat menyebabkan sakit perut. Untuk mencegahnya, konsumsi dengan minum air secukupnya.

Meskipun energy gel menyediakan bahan bakar yang dibutuhkan, ingatlah bahwa apa yang berhasil untuk satu atlet mungkin tidak berhasil untuk yang lain. Setiap pelari menyerap dan memproses karbohidrat pada tingkat yang berbeda. Satu orang mungkin merasakan efeknya dalam tiga menit, sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu hingga 15 menit.

Juga perlu diingat bahwa jika Anda seorang atlet endurance yang berlatih untuk kompetisi atau perlombaan, Anda perlu menyusun strategi nutrisi dan memasukkannya ke dalam pola pelatihan Anda sebelum hari perlombaan. Jangan baru mengkonsumsi energy gel, saat di hari perlombaan.

Jadi makanlah gel saat Anda berlatih dan konsumsilah dengan interval yang mirip dengan rencana Anda untuk perlombaan. Tubuh Anda akan belajar untuk menjaga jalur pencernaan tetap aktif saat Anda berlari dan Anda akan lebih mudah mencerna energy gel.

Rencanakan strategi pengisian nutrisi dan praktikkan selama sesi latihan yang panjang untuk menentukan mana yang paling cocok untuk Anda. Pelatihan yang baik, pengisian nutrisi yang tepat, dan hidrasi yang memadai memberikan dasar untuk mencapai yang terbaik dari diri Anda.

===========================================

Dapatkan produk energy gel di link berikut (stok terbatas).

===========================================

Artikel disadur dari tautan berikut: Sumber Asli

respublica